22.11.2019

Ingin Menjalani Diet Mayo? Hati-Hati Jangan Sampai Tertipu Diet Mayo Palsu

Pernah mendengar apa itu diet mayo? Meski memakai nama “mayo”, diet ini nggak ada hubungannya sama mayonaise ya, kata “mayo” di sini berasal dari nama klinik yang menciptakan program diet ini, yaitu Mayo Clinic. Saat ini program diet mayo juga sudah dirilis secara online, Mayo Clinic juga telah meluncurkan beberapa buku yang berkaitan dengan program diet mayo.

Sebelum mengikuti program diet mayo, perlu kamu ketahui, saat ini banyak sekali program diet mayo yang sebenarnya palsu, alias nggak sama dengan yang direkomendasikan oleh Mayo Clinic. Terus gimana sih cara membedakan diet mayo yang asli dengan yang palsu? Nah berikut ini adalah beberapa perbedaannya.

Diet Mayo Palsu

Diet mayo palsu biasanya dipromosikan secara manual melalui email, web, pesan singkat, brosur, dari mulut ke mulut, dan berbagai macam media lainnya.

Dalam program dietnya, diet mayo palsu menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan lemak dan protein tinggi, program ini berlangsung selama tiga hingga tujuh hari berturut-turut.

Kita tidak disarankan untuk mengikuti program diet mayo yang palsu, karena Mayo Clinic sendiri tidak merekomendasikan ataupun menyetujui program diet tersebut. Selain itu menurut para ahli, program diet mayo yang palsu dianggap tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh kita.

Salah satu fakta yang cukup mengejutkan adalah, hampir seluruh program diet mayo palsu menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi dalam menu yang mereka susun.

Selain itu, hampir semua diet mayo palsu membatasi kita dalam mengonsumsi berbagai macam sayuran. Hal ini cukup aneh, karena kebanyakan program diet sehat menyarankan kita untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah segar.

Selain itu, diet mayo palsu juga menyarankan kita untuk memperbanyak konsumsi anggur dan telur, diet mayo palsu mengklaim bahwa kandungan yang ada pada anggur dapat membantu kita untuk membakar lemak dengan lebih efektif.

Diet mayo palsu juga menjanjikan bahwa berat badan kita bisa turun sebanyak 52 pound (kurang lebih sekitar 23 kilogram) hanya dalam waktu 1 hingga 2 bulan, jika kita mengikuti semua program dari diet mayo palsu tersebut. Padahal, jumlah penurunan sebanyak itu bisa dibilang hampir nggak mungkin, dalam waktu yang sesingkat itu. Seandainya bisa terjadi pun, kondisi itu sangat berbahaya bagi tubuh.

Diet Mayo Asli

Diet mayo yang asli dirancang oleh Mayo Clinic melalui program The Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid dan dirilis pada tahun 2006, dalam program ini Mayo Clinic menyarankan untuk mengonsumsi makanan segar dan menyehatkan, seperti sayuran dan buah. Selain itu Mayo Clinic juga menyarankan kita untuk mengurangi konsumsi gula dan makanan berlemak.

Program diet ala Mayo Clinic menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan di bawah standar kalori harian, untuk wanita 1200-1600 kalori, dan laki-laki 1400-1800. Tujuannya adalah, saat tubuh membutuhkan kalori lebih banyak, maka tubuh kita akan menggunakan lemak yang tersimpan menjadi bahan bakar untuk menciptakan energi.

Diet mayo menyatakan kita bisa turun sebanyak 6 hingga 10 pound (kurang lebih sekitar 2 hingga 4 kilogram) di beberapa minggu awal, dan di beberapa minggu selanjutnya kita bisa turun sebesar 1-2 pound (kurang lebih sekitar 500 hingga 900 gram). Menurut para ahli, program diet mayo dari Mayo Clinic ini cukup masuk akal, karena selain prosesnya yang masuk akal dan aman untuk tubuh, makanan yang dikonsumsi pun menyehatkan.

Nah, itu tadi adalah ciri dan perbedaan antara diet mayo palsu dan diet mayo asli, jangan sampai salah pilih ya. Agar lebih aman, kita bisa mengikuti program diet yang asli dari Mayo Clinic, selain aman, diet mayo dari Mayo Clinic juga telah banyak direkomendasikan oleh para ahli nutrisi.

Keberadaan ahli nutrisi dalam proses diet seseorang sangat penting, karena ahli nutrisi akan bertugas untuk menentukan takaran yang pas, jumlah kalori, hingga bahan makanan apa saja yang tidak akan menimbulkan alergi.

Dilengkapi oleh ahli nutrisi yang sudah bersertifikat, FIT Gourmet akan membantu kamu untuk menjalankan program diet dengan memberikan menu yang sesuai dengan kebutuhan kalori harian dan nutrisi yang kamu butuhkan.

Source: unsplash.com