22.11.2019

7 Makanan dan Minuman Berprotein ini Ternyata Bisa Bikin kamu Jarang Sakit

Tahu nggak sih kenapa protein itu penting banget buat tubuh kita? Protein itu penting karena setiap sel yang ada di dalam tubuh kita memiliki struktur protein, termasuk sel-sel otot, enzim, dan antibodi. Menurut ahli nutrisi dari San Diego University, Sarah Davis, protein bisa meningkatkan sistem imun kita, jadi nggak gampang sakit.

Ngomong-ngomong soal protein, banyak dari kita yang kalo denger istilah protein pasti mikirnya tentang daging. Nggak sepenuhnya salah sih, tapi kamu juga bisa kok menemukan protein dari tanaman seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman berprotein yang baik buat tubuh kamu.

SusuĀ 

Kalau denger istilah 4 sehat 5 sempurna, kamu akan ingat bahwa susu jadi menu penyempurna makanan sehat. Susu dengan 1% lemak mengandung 8 gram protein dan 103 kalori, lho. Nggak cuma itu, buat kamu yang mau menjaga kesehatan tulang, susu yang mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin B2 cocok banget buat dikonsumsi.

Kacang (Beans) (termasuk kedelai)

Kacang adalah sumber protein utama bagi kamu yang sedang diet vegan. Meskipun kandungan beberapa asam amino esensial lebih rendah daripada makanan berprotein hewani, tapi asal kamu makan makanan yang mengandung banyak protein nabati, asupan gizimu akan tercukupi kok. Berikut ini kandungan protein kacang dan beberapa produk olahannya:

  • Tahu (1 ons): 2,3 gram protein
  • Susu kedelai (1 gelas): 6 hingga 10 gram protein
  • Sebagian besar kacang-kacangan seperti hitam, pinto, lentil, dll. (1/2 cangkir dimasak): 7 hingga 10 gram protein
  • Kedelai (1/2 gelas matang): 14 gram protein
  • Kacang polong (1/2 gelas matang): 8 gram protein

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian (Nuts and Seeds)

Seperti halnya kacang, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein tinggi bagi kamu yang sedang diet vegan atau vegetarian. Perlu kamu ketahui bahwa sebagian besar kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan lemak tak jenuh ganda, serat, mineral (seperti magnesium dan kalsium), dan fitonutrien. Berikut adalah kandungan protein dari kacang-kacangan.

  • Selai kacang (2 sendok makan): 8 gram protein
  • Almond (1/4 cangkir): 8 gram protein
  • Kacang mete (1/4 cangkir): 5 gram protein
  • Kemiri (1/4 cangkir): 2,5 gram protein
  • Biji bunga matahari (1/4 cangkir): 6 gram protein
  • Biji labu (1/4 cangkir): 8 gram protein
  • Biji rami (1/4 cangkir): 8 gram protein

Dada Ayam

Para pecinta dada ayam bisa merapat nih, selain enak dan gampang dimasak, asupan protein kita juga akan terpenuhi kalau kamu mengonsumsinya. Dalam satu dada ayam tanpa kulit aja nih, kamu bakal mendapat 53 gram protein dan 284 kalori, lho.

Daging sapi

Kalau beli daging sapi, kamu biasanya suka mengolahnya jadi apa aja? Diolah jadi apapun nggak masalah ya, kamu nggak akan rugi karena banyak kandungan gizinya. cukup beli saja seberat 85 ons dan dimasak dengan 10% lemak, kamu bisa mendapatkan 22 gram protein dan 184 kalori.

Ikan Tuna

Kalau kamu suka ikan, pas banget nih, karena ikan sebagai selain sumber protein terbaik juga memiliki kandungan gizi lainnya. Ikan berminyak seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden memberikan asam lemak omega-3 yang bagus bagi anak-anak dan wanita hamil. Namun di antara jenis ikan atau makanan laut lainnya, ikan tuna memang memiliki kandungan protein tertinggi, yaitu 40 gram dalam setiap 6 onsnya.

TelurĀ 

Buat kamu pecinta putih telur, ada kabar baik karena ternyata putih telur mengandung protein murni tanpa lemak. Sedangkan satu butir telur utuh mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Selain itu, telur juga mengandung lemak sehat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan mata dan otakmu.

Beberapa makanan bernutrisi di atas bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak cepat sakit. apalagi jika kamu tengah berada dalam program diet.

Untuk memastikan bahwa kandungan nutrisi dalam program diet kamu terpenuhi, kamu membutuhkan ahli nutrisi yang bersertifikat. Dengan FIT Gourmet, kamu bukan hanya mendapatkan nutrisi yang cukup, namun juga disesuaikan dengan program diet harianmu.

Source: unsplash.com